Abstract:
20166120082 - Perkembangan internet yang sangat pesat turut dimanfaatkan oleh dunia bisnis dengan melakukan jual beli lewat online yang disebut e-commerce. Dengan adanya e-commerce, perusahaan turut menciptakan strategi marketing untuk menjalankan e-commerce tersebut. Salah satu e-commerce yang terkenal adalah Lazada. Tujuan penelitian adalah menguji pengaruh strategi e-marketing mix (7P) Lazada terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penyebaran data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitiian ini adalah pelanggan Lazada di Kota Tangerang. Sampel dalam penelitian ini mencapai 145 melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji pengaruh menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi e-marketing mix (7P) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada e-commerce Lazada secara simultan namun tidak secara parsial. Variabel place, price, promotion, & physical evidence memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Lazada dengan uji t, sedangkan variabel product, people, & process tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada Lazada dengan uji t.