Abstract:
20166120069 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing Instagram terhadap minat beli Tamiya. Graha Tamiya Gading Serpong adalah salah satu pelaku bisnis mainan Tamiya terbesar di Indonesia yang menjual mainan Tamiya berupa Tamiya Mini4WD, Remote Control dan sparepart Tamiya yang berada di Gading Serpong. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan diukur dengan metode statistika uji validitas dan uji reliabilitas Beberapa variabel disusun untuk membangun sebuah model yaitu Context, Communication, Collaboration, Connection, Awareness, Interest, Desire and Action. Pada tahap ini penulis menggunakan sampel sebanyak 120 responden melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini berpusat pada Gading Serpong dan sampel berpusat kepada konsumen yang berbelanja di Graha Tamiya Gading Serpong.Hasil penelitian menunjukan hasil yang positif terhadap minat beli. Hasil uji validitas 24 pertanyaan terhadap 120 responden, diketahui bahwa n = 120 dengan tingkat kesalahan a = 0,05, diperoleh dari nilai r table = 0,1793 hasil dari uji validitas tersebut menghasilkan pertanyaan yang valid yaitu dengan dengan nilai validitas > r table. Penelitian menunjukan hasil uji reliabilitas reliabel dengan nilai alpha sebesar. Pada penelitian menunjukan ada 4 variabel X yang signifikan dan tidak signifikan dimana pada penelitian ini terdapat 2 variabel X yang tidak signifikan yaitu variabel context dan connection sedangkan variabel X yang signifikan yaitu variabel communication dan collaboration. penelitian ini membahas mengenai pengaruh social media marketing Instagram terhadap minat beli Tamiya. Dalam penelitian ini memberikan manfaat kepada pihak Graha Tamiya Gading Serpong bahwa dengan menggunakan sosial media dapat meningkatkan minat beli pada konsumen. Maka dari itu penggunaan sosial media harus lebih ditingkatkan agar konsumen semakin meningkat ditahun-tahun berikutnya.