Abstract:
20166120033 - Perkembangan penggunaan social media dalam masa pandemi COVID-19
ini meningkat secara global, dan Pemerintah Indonesia meningkatkan health
awareness mengunakan social media seperti Instagram @Jokowi untuk menberar
infromasi edukasi dalam memerangi COVID-19. Salah satu cara yang efektif untuk
penyebaran infromasi adalah dengan menggunakan social media marketing. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing
beserta dimensi-dimensinya (relevant information, privacy issues, credible
information, confidence on information) dan secara keseluruhan terhadap health
awareness pengikut Instagram @Jokowi di Jakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah 116 orang dengan Teknik pengumpulan
data tipe Non-Probability Sampling jenis Judgment Sampling. Penelitian ini
menggunakan metode penyebaran kuesioner, literature review, dan analisis regresi
linier berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan dimesi relevant information dan confidence on information
berpengaruh positif dan signifikan terhadap health awareness, dimensi privacy
issues dan credible information berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
health awareness, dan social media marketing secara keseluruhan mempengaruhi
kesadaran akan kesehatan beli secara positif dan signifikan