Abstract:
20159320019 - Digital influencer adalah sebuah fenomena dalam promosi produk di industri
media digital. Para Digital Influencer mengunggah beragam foto dan video pada
akun media sosial dengan kegiatan keseharian mereka, makanan yang dimakan,
tempat-tempat hang-out, pendapat tentang suatu hal, hingga berbagai tutorial dan
ulasan produk. Kemampuan membangun komunitas menjadikan mereka mampu
mempromosikan produk. Penelitian ini bertujuan menganalisis seorang Digital
Influencer dalam mempromosikan produk yang follower-nya dianggap sebagai
beauty guru. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode
studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi online pada akun IG
Influencer, wawancara informan dengan pihak digital agency. Data yang
terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif disederhanakan dalam struktur yang
koheren.
Hasil Penelitian mengungkapkan, menggunakan digital influencer untuk promosi
memiliki kelebihan dari segi high tech dan high touch dibanding promosi melalui
iklan. Digital influencer perlu melakukan aktivitas digitalnya. Perlu diperhatikan
engagement yang terjadi antara influencer dengan khalayaknya, kesesuaian value
antara influencer dengan followers-nya dan seberapa percaya khalayak terhadap
sosok influencer tersebut.