Abstract:
11110034 - Pembelian merupakan salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi
suatu perusahaan. Namun proses pembelian barang untuk kebutuhan proyek pada PT.
Indonesia Muda Engineering dinilai memiliki kendala dalam hal kecepatan dan
keakuratan. Untuk itu penulis berkesempatan membangun sistem informasi pembelian
barang proyek di PT. Indonesia Muda Engineering sehingga diharapkan dapat membantu
proses pembelian menjadi lebih baik.
Metodologi perangkat lunak yang digunakan adalah metodologi air terjun
(waterfall) yang memilki tahap-tahap dalam pembuatan sistem informasi pembelian yaitu
tahap definisi keperluan, sistem dan disain perangkat lunak, implementasi dan unit
pengujian, integrasi dan pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan.
Akhirnya setelah menyelesaikan sistem informasi pembelian ini, penulis
memperoleh kesimpulan bahwa pembuatan sistem informasi ini berhasil dibuat sesuai
spesifikasi yang diingkinkan dan tidak hanya memberikan keuntungan bagi staf purchasing
tetapi juga untuk bagian lainnnya.