Abstract:
20166120094 - Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia telah meningkat pesat seiring
berjalannya waktu berdasarkan data APJII 2017. Selain daripada pekembangan
pengguna media sosial, perkembangan bisnis online atau toko online pun sudah
menjamur, bahkan sangat dikenal. Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh
Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Olla
Fashion”, bertujuan untuk mengetahui apakah variabel-variabel social media
marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dari toko daring
Olla Fashion. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode
statistik deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
dengan menggunakan kuesioner yang berjumlah 20 pernyataan yang disebar di
wilayah Kabupaten Tangerang kepada orang-orang yang pernah melakukan
pembelian barang secara online di Olla Fashion. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini berjumlah 100 responden, melalui jenis Non Probability Sampling
dengan teknik Purposive Sampling atau Judgmental Sampling. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan dengan menggunakan
aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24 for
windows.Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa uji validitas
menunjukkan nilai r hasil untuk masing-masing pertanyaan bertanda positif dan
mempunyai nilai lebih besar dari r tabel sebesar 0,1966, maka masing-masing
pertanyaan pada kuesioner valid untuk mengukur semua variabel dalam penelitian
ini. Hasil uji reliabilitas terlihat bahwa nilai alpha positif sebesar 0.866 lebih besar
dari 0,6 yang merupakan batas minimal koefisien reliabilitas bisa dianggap baik,
sehingga dapat dikatakan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut reliabel untuk
mengukur reliabilitas variabel penelitian. Hasil menunjukkan secara simultan
social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Penelitian ini menggunakan variabel dari social media marketing untuk
mengetahui pengaruhnya terhadap minat beli. Variabel social media marketing ini
tidak pernah digunakan dalam penelitian sebelumnya pada Olla Fashion, sehingga
dapat dimanfaatkan untuk memberikan teori yang kuat apabila terdapat penelitian
selanjutnya.