Abstract:
20166120052 - Perkembangan teknologi digital yang semakin maju membuat industri perbankan bergerak maju dan berkolaborsi meningkatkan sistem, strategi, dan fungsi. Turut dalam arus perkembangan teknologi digitali, perbankan yang memanfaatkan digital untuk meningkatkan produk secara online sehingga di sukai public, salah satunya adalah dengan menggunakan Financial Technology yang dilakukan oleh BCA. Dalam aplikasi FinTech Sakuku Plus BCA tidak lepas dari pemasaran yang menawarkan banyak manfaat membantu nasabah dalam membuat keputusan keuangan, mengurangi biaya operasional, kerugian, serta mengembangkan pasar lama, adopsi pemasaran di dalam industry perbankan berbasis aplikasi disebut dengan E-Marketing. BCA juga telah mengimplementasikan Electronic Customer Relationship dalam kegiatan perusahaannya. Pendekatan pelayanan menggunakan peralatan elektronik hendaknya sesuai dengan yang diharapkan oleh nasabah sehingga nasabah merasa dirinya diperhatikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty FinTech Sakuku Plus BCA.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitiian ini adalah nasabah BCA dengan sampel sebanyak 140 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji pengaruh menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan secara simultan E-Marketing dan E-CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap E–Loyalty nasabah sebesar 29.7%. Secara parsial menunjukkan bahwa yang berpengaruh signifikan adalah dimensi E-Marketing dan E-CRM.