Abstract:
20166120061 - Perkembangan teknologi membawa dampak yang besar bagi pemasaran. Saat ini pemasaran didukung dengan internet yang memberikan akses mudah, cepat dan biaya yang rendah. Penelitian ini menyajikan model dari internet marketing sebagai evolusi dari perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh internet marketing terhadap keputusan pembelian. Beberapa variabel disusun untuk membangun sebuah model yaitu search engine optimization, online advertisement, pay per click campaigns, e-commerce, online permission marketing dan promotional email kemudian diuji terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diukur dengan metode statistika uji validitas & reliabilits, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t uji F dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan 105 sampel di daerah Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa internet marketing berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.Variabel e-commerce dan promotional email berpengaruh secara parsial. Sedangkan SEO, online advertisement, PPC, online permission marketing tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran untuk Lazada adalah meningkatkan strategi promotional email dan e-commerce karena memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian online. Melalui email Lazada dapat mennyampaikan pesan secara personal kepada konsumen dan melalui sistem e-commerce Lazada dapat lebih efektif dan efisinen dalam meningkatkan keuntungan sehingga tercapai customer loyalty.