Abstract:
20166120078 - Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial Instagram dan word of mouth (WOM) terhadap minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia, serta mengetahui dari dua cara tersebut, cara pemasaran manakah yang lebih berpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang suka bermain game, dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh anggota laptop gaming Indonesia, yang ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 198 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuisioner yang dibuat sendiri oleh peneliti dan kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara media sosial Instagram dan WOM terhadap minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia. Dengan kata lain H1: diterima, yaitu terdapat pengaruh promosi melalui media sosial Instagram terhadap minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia dengan tingkat signifikasi 8,754. H2: diterima, yaitu terdapat pengaruh promosi melalui WOM terhadap minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia dengan tingkat signifikasdan 5,604. Hasil uji t yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen menunjukkan nilai signifikan 8,754 > 5,604, maka H3: diterima, yaitu promosi melalui media sosial Instagram (X1) lebih mempengaruhi minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia, daripada promosi melalui Word of Mouth (X2), dan H4: ditolak, artinya promosi melalui Word of Mouth (X2) tidak lebih mempengaruhi minat beli laptop gaming pada komunitas laptop gaming Indonesia, dibandingkan dengan promosi melalui media sosial Instagram.