Abstract:
20166120099 - Perkembangan ritel di Indonesia terus meningkat. Selain itu, permintaan masyarakat Indonesia atas fashion juga terus bertambah. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial bagi ritel luar negeri dan turut bersaing di pasar ritel di Indonesia. Visual
merchandising dalam toko diwujudkan dengan berbagai rangsangan, seperti penataan produk,
pemilihan warna yang indah, pencahayaan di dalam toko maka akan membuat konsumen
nyaman berbelanja, yang bisa menghasilkan pembelian yang tidak direncanakan. Toko
atmosfer meningkatkan kemungkinan perilaku impulsif. Suasana yang menyenangkan dan
toko yang menarik bisa merangsang pembelian respon mendadak, sehingga konsumen
cenderung membeli barang tanpa direncanakan karena suasana toko menarik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh visual merchandising dan atmosfer toko terhadap
pembelian impulsif pada pengunjung Matahari Department Store di Supermal Karawaci
Tangerang. Sampel custumer yang di survey terdiri dari 110 orang. Sampel custumer terdiri
dari usia <14 tahun, 15-18 tahun, 19-22 tahun, 23-30 tahun, dan 31 tahun ke atas. Jenis
kelamin tidak dibatasi komposisinya.Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan
program pengolahan data komputer yaitu SPSS 22.0 for windows, baik secara sederhana,
parsial maupun berganda. Teknik pengukuran untuk menguji apakah pernyataan yang
diberikan cukup valid dan reliabel, dipergunakan analisis faktor, regresi dan korelasi uji
validitas dan reliabilitas beserta hasilnya (pretest).