Abstract:
20166120065 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Youtube Terhadap Keputusan Pembelian pada Calon mahasiswa Universitas Matana. Youtube merupakan salah satu media sosial yang menampilkan pesan melalui konten video.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diukur dengan metode statistika uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak semua variabel Sosial Media Youtube memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, hanya variabel message dan brand familiarity yang diketahui dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian, Hasil uji validitas 22 butir pernyataan terhadap 110 orang responden menunjukkan bahwa nilai r hasil untuk masing-masing pertanyaan bertanda positif dan mempunyai nilai lebih besar dari r tabel sebesar 0.1874, maka masing-masing pertanyaan tersebut valid. Penelitian menunjukkan hasil uji reliabilitas reliabel dengan nilai cronbach’s alpha sebesar 0.788 > 0.6 yang merupakan batas koefisien reliabilitas. Pada variabel brand familiarity memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian calon mahasiswa Universitas Matana dibandingkan dengan variabel lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan nilai uji t variabel brand familiarity yang memiliki nilai lebih besar dari variabel lainnya yaitu 5.120.