Abstract:
20166120102 - E-loyalty merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan e-commerce. Tingkat e-loyalty yang tinggi dapat memberikan dampak positif misalnya meningkatkan angka kunjungan website, mendapatkan pelanggan serta mepertahankan pelanggan. E-loyalty diduga dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu e-marketing dan e-crm.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua variabel independen yaitu, e-marketing, e-crm dan satu variabel dependen yaitu e-loyalty. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh antara e-marketing dan e-crm terhadap e-loyalty.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh e-marketing terhadap e-loyalty pada pelanggan Tokopedia dan mengetahui pengaruh e-crm terhadap e-loyalty pelanggan Tokopedia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 140 pelanggan Tokopedia dengan menggunakan metode probability sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis linear berganda.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada hubungan positif dan signifikan yang terjadi antara e-marketing pada e-loyalty serta hubungan positif dan signifkan antara e-crm pada e-loyalty.
Hasil penelitian menunjukan bahwa e-loyalty dijelaskan sebesar 37,6% oleh variabel e-marketing dan e-crm serta sisanya dijelaskan oleh variabel yang lain yang tidak diperhitungkan dalam model ini.