Abstract:
06110025 - Semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer saat ini membuat semakin
banyak game yang dimainkan dengan komputer sedangkan game yang dimainkan secara
tradisional makin dilupakan dan tergantikan oleh konsol-konsol permainan elektronik serta
online-gaming yang saat ini menjadi sebuah trend baru ditengah-tengah masyarakat.
Menanggapi kondisi tersebut diatas, maka penulisan dilakukan dengan tujuan untuk
melakukan perancangan game tradisional ular tangga berbasis aplikasi komputer.
Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah metodologi waterfall.
Tahapan perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language. Bahasa
pemrograman dibuat dengan bahasa Java, dan JCreator dan Eclipse adalah aplikasi untuk
mengembangkannya.
Dengan aplikasi permainan ular tangga yang dibuat, permainan tradisional ular
tangga dapat dinikmati masyarakat pengguna komputer dan dapat dimainkan secara
multiplayer. Dilengkapi fitur chatting yang memungkinkan dapat berkomunikasi antar
pemain yang berada di dalam satu local area network.