Abstract:
Pemasaran langsung adalah perilaku langsung perusahaan terhadap pelanggan tanpa
perantara. klien dalam menentukan pilihannya pasti akan memilih yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan yangdapat membuat mereka puas dan berminat untuk membeli jasa
paket meeting tersebut. Kualitas pelayanan adalah bentuk penilaian konsumen terhadap
tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan. keputusan
pembelian merupakan pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian
suatu produk atau jasa secara sadar atas pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh pemasaran langsung dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian pada meeting package. Penelitian ini
menggunakan metode analisis kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS 26 for windows,
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Hair. Penelitian ini juga
menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik tertentu. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 120 orang yang pernah membeli meeting package di hotel Mercure
Jakarta Sabang Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah
regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) direct marketing berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7.617 > nilai t-tabel
ii
1.658 dan nilai sig. 0.000 < 0.05; (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2.717 > nilai t-tabel 1.658 dan
nilai sig. 0.000 < 0.05; (3) direct marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian.