Abstract:
20186120034 - Penulis ingin melihat seberapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM)
yang terjadi di masyarakat terhadap salah satu e-commerce yang terus berkembang
yaitu Shopee dengan judul penelitian Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-
WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Tangerang di Shopee. Menurut
Henning-Thurau et al (dalam Wijaya dan Paramitha, 2018:3), Electronic word of mouth
adalah pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh calon pelanggan,
pelanggan yang sudah ada, dan pelanggan sebelumnya tentang produk atau
perusahaan melalui Internet. Kotler & Keller (2018) menyatakan bahwa keputusan
pembelian adalah pilihan yang benar-benar dibuat konsumen untuk membeli dan
menikmati barang dan jasa dari berbagai pilihan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Studi kausal yang melibatkan studi temporal menggunakan sifat-sifat
cross section dengan analisis deskriptif. Pengaruh positif antara ulasan electronic
word of mouth (X1) dan media sosial (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pada
konsumen Shopee di Tangerang, berdasarkan hasil pengujian pengaruh parsial ulasan
electronic word of mouth terhadap kinerja karyawan. Kota. Hal ini dikarenakan nilai
signifikansinya adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dalam hal keputusan
pembelian, faktor yang lebih memilih untuk membeli produk dari Shopee
dibandingkan dengan produk e-commerce lainnya mendapatkan skor rata-rata
terendah.